Sunday Sep 25, 2022 18:08

Awas, Infeksi Sifilis Mengintai Jika Berhubungan Intim Sembarangan

Awas, Infeksi Sifilis Mengintai Jika Berhubungan Intim Sembarangan

MATA LELAKI -  Hubungan intim harus dilakukan seaman mungkin. Entah itu dengan pasangan, atau wanita yang baru saja Anda kenal. Sebab bila tidak, penyakit berbahaya dapat mengintai Anda. Beberapa waktu yang lalu, ada berita seorang pria terkenal penyakit infeksi sifilis. Penyakit ini menyerang susunan saraf pusat otak atau neurosifilis hingga membuatnya sulit berjalan dan berbicara. 

Tiga bulan sebelumnya, sebelum pria ini mengunjung dokter, dirinya mengatakan bahwa dia mengalami tremor dan gerakan mata yang tidak terkontrol hingga mengalami kesulitan bicara. Belakangan diketahui ternyata penyakitnya itu dikarenakan infeksi sifilis di otak, namun dokter sempat kesulitan mengidentifikasi penyebabnya. Dokter lalu melakukan MRI untuk mengetahui penyebab pasien menderita infeksi sifilis di otak. Dari MRI itu, ditemukan bahwa pria ini diduga melakukan hubungan intim secara tidak aman.

Awas, Infeksi Sifilis Mengintai Jika Berhubungan Intim Sembarangan
Sumber: Healthy Life

 

Hasil MRI sendiri menunjukkan kalau infeksi sifilis pria ini disebabkan karena hubungan seksual yang berisiko atau riwayat infeksi genital sebelumnya. Lebih lanjut, dalam tes yang ia lakukan, dokter tersebut juga mengatakan kalau pria tersebut positif terkena infeksi bakteri treponema pallidum, sejenis bakteri penyebab sifilis, infeksi menular seksual yang muncul dengan luka kecil dan tidak terasa sakit. Efeknya tidak terasa sakit, tapi tentu saja ini penyakit berbahaya karena pasien yang sudah terinfeksi tidak mengetahui ada virus dan bakteri berbahaya yang hidup di dalam tubuhnya.

Karena itu, dokter menentukan jika sang pasien menderita neurosifilis, infeksi langka akibat sifilis yang tidak diobati sejak awal.  Pada dasarnya, ada lima jenis neurosifilis, yakni asimptomatik, meningeal, meningovaskular, paresis umum dan tabes dorsalis. Dalam kasus ini sendiri, dokter tersebut mengatakan infeksi sifilis pria tersebut tidak masuk dalam kategori mana pun dari kelima jenis neurosifilis tersebut. Karenanya, pasien tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda neurosifilis yang umum diderita orang, seperti mual, muntah atau leher kaku.

Awas, Infeksi Sifilis Mengintai Jika Berhubungan Intim Sembarangan
Sumber: grid.id

 

Akhirnya, pria itu hanya diberi obat antibiotik selama dua minggu dan menjalani fisioterapi sampai akhirnya pulih dan bisa berjalan normal lagi. Contoh di atas, bisa menjadi pelajaran bagi kita agar berhubungan seks dengan aman dan tidak gonta ganti pasangan.

You may also like

Leave a comment