Audio -Technica ATH-M50x, Headphone Terbaik Untuk Semua Jenis Musik

Audio -Technica ATH-M50x, Headphone Terbaik Untuk Semua Jenis Musik Audio -Technica ATH-M50x

Matalelaki.com - Bagi para pecinta musik, memiliki sebuah headphone adalah sebuah keharusan untuk mereka yang sering melakukan perjalanan atau mobile. Untuk menikmati sensasi mendengarkan musik yang sangat baik, maka diperlukan sebuah headphone dengan kualitas yang sangat baik. Ada banyak pilihan headphone bagus yang bisa ditemui di pasaran. Namun, tidak semuanya memiliki kenyamanan yang sama bagi para penggunanya. Jika anda masih bingung untuk memilih atau menemukan headphone dengan kualitas baik, maka kami akan bantu mereview Headphone Audio-Technica ATH-M50x. Headphone ini juga banyak digunakan oleh para DJ ketika mereka sedang mengadakan pertunjukkan. Seperti apa saja spesifikasi dan kelebihan dari Headphone ini? Berikut adalah ulasannya untuk anda.

Kualitas Desain

Dari segi fisik, meskipun sebagian bahan dasarnya adalah terbuat dari bahan plastik, namun kualitas plastiknya sudah sangat baik. Beberapa alasan mengapa produsen memilih untuk menggunakan bahan plastik karena dari nilai ekonominya masih dikatakan affordable, dan juga dari segi bobot pastinya lebih ringan. Selain itu ruang akustik dari bahan plastik tersebut masih lebih bagus dibandingkan dengan headphone yang berbahan metal. Material plastik dibuat lebih tebal dari ukuran pada umumnya sehingga tidak usah khawatir akan mudah tertekuk jika dimasukkan ke dalam case.

#
Foto: Techradar

 

Headphone Audio-Technica ATH-M50x ini bisa diputar 180 derajat yang memungkinkan untuk bisa ditekuk ke dalam. Engsel dari bagian headphone yang tebal ini dijamin aman karena didesain agak tebal sehingga tidak perlu khawatir akan mudah patah. Selain itu dilengkapi dengan bagian kecil yang berfungsi sebagai kunci pengaman, sehingga jika diputar akan terdengar seperti suara mengunci. Pada bagian headbnad terdapat samapi 10 level garis yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala anda. Rata – rata ukuran kepala orang indonesia sampai ke level 4, namun selling point dari produk ini memiliki level hingga 10.

Dari segi desain, untuk produk Audio-Technica ATH-M50x ini masih lebih baik dibanding penerusnya dengan model M20x, M30x, dan juga M40x. Untuk tipe M50x ini dibuat lebih terlihat profesional ditambah dengan guratan – guratan di bagian fisiknya.

#
Foto: Techradar

 

Material pads yang terbuat dari bahan kulit sintetis yang tentunya sangat lembut membuat pengguna headphone ini akan merasa nyaman. Jangan khawatir akan kerusakan pada bagian kulitnya karena Headphone ini dilengkapi dengan aksesoris pengganti yang lengkap. Pada bagian headbandnya terdiri dari tiga buah bagian di mana pada lapisan paling atas terbuat dari bahan spons yang sangat tebal lalu pada bagian tengah terdapat plat besi yang didesain sangat kuat sehingga tidak akan mudah patah dan pada lapisan bawah terdapat pelindung untuk kepala anda dengan material foam yang dedsain sangat lembut.

Aksesoris

Produk ini dilengkapi juga dengan tambahan 3 buah kabel ari audio technica dengan panjang masing – masing 1.2 meter dan 3 meter, serta kabel coil yang sudah terpasang jack converter dengan ukuran 3.5 hingga 6.3 yang bisa digunakan untuk amplifier atau mixer. Material kabel tambahannya pun dibuat dengan tebal sehingga tidak perlu khawatir putus atau terkelupas. Sistem penguncian pada kabelnya pun sangat baik. Setelah dicolok, bagian ujung kabel bisa diputar ke arah kanan untuk menguncinya.

#
Foto: Techradar

 

Selain kabel, pihak pabrikan yakni Audio Technica juga memberikan satu buah tas atau pouch eksklusif. Warna pouch yang diberikan juga sesuai dengan warna headphone yang anda beli. Akan lebih baik lagi jika anda membeli Headphone edisi terbatas untuk mendapatkan warna yang lebih eksklusif lagi. Jangan khawatir mengenai bahan pouch yang diberikan karena terbuat dari kulit sintetis dengan bagian dalamnya yang terbuat dari bahan kain katun yang pastinya lembut untuk menjaga pouch tersebut dari goresan headphone anda. Ukurannya juga besar, sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas.

Performa Suara

Soal performa suara, tidak usah diragukan lagi karena akan memberikan pengalaman baru dalam mendengarkan musik. Suara bass yang dihasilkan masih di ambang batas normal. Jika anda memutar lagu – lagu bertemakan jazz atau pop, maka sensasi suaranya akan terasa seperti anda mendengarkannya langsung tanpa menggunakan headphone. Akan tetapi, untuk lagu – lagu dengan jenis rock atau metal, performa akan sedikit berkurang karena kecepatan dari bass trsebut tidak dapat tercapai.

Lalu bagaimana jika mendengarkan musik EDM? Untuk musik dengan jenis EDM, performa yang ditunjukkan masih bagus, akan tetapi dari segi bass masih agak kurang menagnagkat sedikit. Dari segi mid, performanya masih bagus untuk lagu – lagu pop dan juga lagu vokal. Suara mid yang disajikan benar – benar bersih dari instrumen bass. Untuk separasi instrumennya, akan sangat terasa seperti mendengarkan speaker 2.1.

#
Foto: Techradar

 

Untuk segi highnya, performa yang ditunjukkan sangat baik sehingga suara petikan gitar yang diputar pada musik bisa terdengar dengan jelas. Sehingga cocok juga untuk lagu – lagu dengan jenis jazz dan lagu – lagu instrumental. Secara keseluruhan, untuk performa suara, akan mencapai performa terbaiknya jika mendengarkan lagu dengan format FLAC atau DSD. Untuk staging dari headphone model ini tergolong baik meskipun masih kalah dibandingkan dengan Audio Technica AD700x.

Kesimpulan

Headphone Audio-Technica ATH-M50x ini layak untuk dimiliki bagi anda yang menginginkan suara dengan kualitas yang bening dan juga bersih. Harga yang ditawarkan berkisar antara 1.8 hingga 2 juta rupiah, sebanding lurus dengan kualitas dan aksesoris yang ditawarkan Audio Technica. Dari segi jenis musik yang diputar lewat headphone ini secara keseluruhan akan memberikan suara terbaik dari semua jenis musik yang ada, meskipun akan ada sedikit gangguan dengan jenis musk rock atau metal.

Spesifikasi Audio-Technica ATH-M50x 

Driver 45 mm
Magnet Neodymium
Voice Coil CCAW (Copper-clad aluminum wire)
Frequency Response 15 – 28,000 Hz
Maximum Input Power 1,600 mW at 1 kHz
Sensitivity 99 dB
Impedance 38 ohms
Weight 285 g (10 oz)

 

Leave a Comment