Wednesday Aug 10, 2022 08:02

Aston Martin Valhalla, Si Canggih dengan Spesifikasi F1

Aston Martin Valhalla, Si Canggih dengan Spesifikasi F1

MATA LELAKI - Saat ini produksi kendaraan hybrid memang sedang gencar-gencarnya dilakukan. Kendaraan hybrid dinilai menjadi salah satu pendongkrak utama dalam bisnis otomotif di mana mobil tersebut diklaim sebagai mobil ramah lingkungan. Pabrikan asal Inggris, Aston Martin tidak mau ketinggalan dengan memproduksi Aston Martin Valhalla yang memiliki bodi dan juga performa tinggi.

Aston Martin Valhalla ini adalah mobil dengan kelas hyper yang memiliki mid-engine. Konon, katanya mobil ini akan digunakan oleh Daniel Craig dalam film James Bond terbarunya, namun kabar tersebut belum dapat dikonfirmasi. Mobil ini merupakan kelanjutan dari Aston Martin Valkyrie AMR Pro yang sudah diproduksi oleh Aston Martin sebelumnya.

Bekerja sama dengan Red Bull Advanced Technologies, Aston Martin Valhalla mengusung teknologi mobil balap F1 di dalamnya. Red Bull yang sudah piawai dalam dunia F1 ikut mendesain bagian bodi dari Aston Martin Valhalla ini sehingga terlihat seperti super car modern dengan teknologi dan berbagai macam fitur yang ada pada bagian dalamnya.

Aston Martin Valhalla, Si Canggih dengan Spesifikasi F1
Foto: Wikipedia

 

Ada beberapa kesamaan antara Aston Martin Valhalla dan Aston Martin Valkyrie terutama pada bagian gaya dan juga aerodinamiknya. Akan tetapi, bagian depan Aston martin Valhalla terlihat lebih menjorok ke depan dan bagian belakang memiliki difuser yang lebih lebar. Sedikit mengusung teknologi pesawat terbang, Aston Martin Valhalla bisa menciptakan tekanan udara di bagian belakangnya.

Mobil ini masih dianggap legal untuk digunakan di jalanan umum meskipun teknologi dan juga spesifikasi mesinnya menggunakan teknologi mesin F1. Aston Martin sendiri mengkonfirmasikan bahwa proyek ini merupakan proyek kerja sama dengan Red Bull Racing. Sebelumnya Aston Martin Valhalla dinamakan AM-RB 003. Kemudian dirubah menjadi Valhalla karena teknologinya banyak diadaptasi dari Valkyrie.

Kunci dari kendaraan mobil ini disebut Flexfoil yang merupakan rekomendasi dari NASA yang bentuknya seperti sirip belakang. Sirip belakang ini bisa merubah downforce tanpa merubah sudut datangnya. Menurut informasi, mobil hybrid ini akan diproduksi dalam jumlah yang terbatas, yang artinya harganya bisa mencapai milyaran rupiah untuk satu unitnya.

You may also like

Leave a comment