Sunday Sep 25, 2022 17:49

Arab Saudi Resmi Punya Klub Malam

Arab Saudi Resmi Punya Klub Malam

Matalelaki.com - Indonesia yang merupakan negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia, tak menghalanginya untuk memiliki klub malam yang tersebar di daerah di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa negara Muslim belum tentu terbebas dari keberadaan klub malam. Beberapa hari ini, ada kabar yang cukup menghebohkan, karena di Arab Saudi, ternyata secara resmi telah membuka klub malam pertamanya. Klub itu resmi dibuka pada tanggal 13 Juni 2019 lalu.

Klub malam pertama yang dibuka di Arab Saudi itu bernama White, dan dibuka di Jeddah. White yang dibuka di Jeddah ini merupakan cabang ketiga, setelah sebelumnya dibuka di Dubai dan Beirut, Lebanon. Tentu saja, hal ini mengundang pro dan kontra dari warga Arab Saudi sendiri.

Arab Saudi Resmi Punya Klub Malam
White Saudi (Sumber: Instagram @rawnq.e)

 

Pihak yang pro mengatakan bahwa klub ini legal karena sudah mendapatkan izin dari kerajaan Saudi, sementara pihak kontra melayangkan protes karena klub ini dibangun di Jeddah, yang berdekatan dengan Mekkah. Mereka juga beranggapan bahwa klub itu tak sesuai dengan agama, adat istiadat, dan hukum. Keluhan ini diucapkan oleh warga Saudi di situs media sosial Twitter.

Kenapa klub malam ini bisa mendapatkan izin membuka usahanya? Rupanya, agar klub malam ini bisa mendapatkan izin beroperasi, kerajaan Saudi yang dipimpin Raja Salman Bin Abdulaziz memberikan satu syarat, yaitu klub malam ini tak boleh menjual minuman beralkohol. Klub tersebut hanya boleh buka dari jam 10 malam sampai jam 3 pagi, dan melarang pengunjung yang berusia di bawah 18 tahun untuk masuk ke klub malam ini.

Untuk bisa masuk ke klub malam ini tidaklah gratis seperti klub malam kebanyakan yang ada di Indonesia. Untuk memasuki White, pengunjung diharuskan untuk membayar tiket masuk, seharga 500 riyal sampai 1.000 riyal, atau sekitar Rp 1,9 juta sampai Rp 3,8 juta. Tentunya harga itu merupakan harga yang fantastis jika hanya untuk biaya tiket masuk saja. Harga itu belum termasuk harga minuman yang dijual di dalamnya. Bisa jadi saat berkunjung ke White ini seseorang akan menghabiskan biaya puluhan juta rupiah.

Arab Saudi Resmi Punya Klub Malam
Ne-yo (Sumber: Instagram @jeddah_vibes)

 

Sebenarnya klub ini akan menghadirkan musisi Ne-yo saat pembukaannya, namun akhirnya dibatalkan oleh pemerintah Saudi, dan sayangnya klub ini harus ditutup sementara sampai waktu yang belum jelas.

Jadi, bagi siapa pun yang kebetulan sedang ada di Arab Saudi, jika beruntung mungkin bisa mengunjungi klub malam ini saat sudah dibuka, tentunya sebelumnya kita harus mempersiapkan uang yang cukup banyak.

You may also like

Leave a comment