Wednesday Jan 26, 2022 21:10

Ada Grand Seiko Masih Pilih Rolex? Perbandingan Netral Antara 2 Brand Jam Tangan Mewah

Ada Grand Seiko Masih Pilih Rolex? Perbandingan Netral Antara 2 Brand Jam Tangan Mewah

MATA LELAKI - Seiko menjadi produsen jam tangan terbesar dunia adalah ambisi dari pendiri pabrikan asal Jepang tersebut. Namun dengan kelas yang berbeda, ada Rolex yang selalu tak tergoyahkan di kasta brand high end user sebuah jam tangan. Untuk menyiasati ini, Seiko menelurkan produk Grand Seiko.

Grand Seiko VS Rolex Perbandingan Umum
Pic Source : chrono24.uk

 

Proses ini menjadi nyata mulai tahun 1960-an yang memiliki goal menjadikan Grand Seiko sebagai pesaing utama dari dominasi merk-merk jam tangan keluaran Swiss yang meraja sebagai jam tangan mewah, tanpa banyak menerima tantangan dari produk sejenis keluaran negara lain. Sebut saja Rolex, Patek Philippe, Audemars Piquet dan masih banyak lagi. Karena ambisi itulah Seiko tidak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan desain maupun kualitas dari lini Grand Seiko mereka. Yuk, mari kita bahas lebih dalam mengenai persaingan antara Grand Seiko dan Rolex sebagai acuan produk jam tangan mewah keluaran negara Swiss yang sudah terkenal hingga pelosok dunia.

Dari tujuan awal, memang Grand Seiko sudah diperuntukkan sebagai penantang gelar jam tangan mewah sedangkan Rolex sendiri memang dari awal berproduksi sudah menempel image sebagai jam tangan high end yang multifungsi. Contoh dari produk Rolex yang menyematkan multifungsi, dapat ditafsirkan dari banyaknya fitur yang tersemat dalam Rolex Submariner, yang menjadi jam tangan yang spesialis untuk kegiatan bawah air dengan daya tahan yang luar biasa. Hanya saja perlu dicatat, bahkan Rolex pada karya keluaran awal mereka belum semewah seperti yang ada sekarang.

Secara umum, Grand Seiko dan Rolex segala tipe sudah sangat berbeda. Grand Seiko bisa dibilang lebih baik dari banyak sudut kalau berbicara tentang kemewahan dan kualitas (tanpa memandang brand image luxury yang sudah mendarah daging dalam produk besutan Rolex). Bagaimana tidak? Grand Seiko yang memang bertujuan mengambil pangsa pasar jam tangan mewah dari pesaingnya asal negara Swiss tentu saja tidak asal mengeluarkan produk. Prinsip Seiko waktu itu adalah menyamai atau melebihi standar jam mewah yang ada. Tanpa pertimbangan lain. Hasilnya, produk atau seri keluaran Grand Seiko memiliki keunggulan yang signifikan dalam sisi craftmanship ataupun performa mesin penggerak jam. Sedangkan untuk kualitas dan kekokohan sisi tampilan memang harus diakui sulit untuk menyaingi kelas bahkan sekedar menyamai produk-produk brand jam tangan super mewah seperti Patek Philippe, Audemars Piquet atau Vacheron Constatine. Namun, untuk catatan samping, faktor yang tadi disebutkan masih bisa menyamai atau mengungguli Rolex, dengan harga yang masih jauh lebih murah untuk kelas yang sama. Bukan main, bukan?

Grand Seiko VS Rolex Perbandingan Umum
Pic Source : ethoswatches.com

 

Bahkan untuk mempermudah gambaran, bisa dianalogikan kalau Grand Seiko duduk setara dengan brand Jaeger-LeCoultre.

Yakinkah kalau Grand Seiko untuk build quality, performa dan kualitas desainnya lebih baik dari Rolex? Ambil detail Grand Seiko pada bagian dial serta finishing untuk casing luar setiap produknya. Kemudian bandingkan secara sempurna dengan jam tangan Rolex dalam hal detail serta finishing.

Grand Seiko VS Rolex Perbandingan Umum
Pic Source : chronext.co.uk

 

Rolex memiliki finishing yang apik namun saat dilakukan perbandingan selaras secara utuh dengan Grand Seiko, akan terlihat bahwa craftmanship pada produk Grand Seiko jauh lebih baik. Hal ini dimungkinkan karena Grand Seiko memutuskan menggunakan sebuah teknik finishing yang unik, yang diumumkan sebagai teknik Zaratsu. Sebuah proses finishing yang sangat rumit dengan peralatan termasuk kertas jenis khusus untuk proses pemolesan finishing pada bagian cashing jam tangannya itu. Sementara Rolex sendiri masih menggunakan proses finishing yang secara umum standar saja.

Untuk bagian dial jam tangan, Rolex dari seri paling murah sekalipun sudah memiliki detail penanda jam yang memang mencengangkan. Lucunya, ketika dihadapkan pada perbandingan nyata bersama Grand Seiko, detail pada jarum penunjuk serta penanda jam/menit yang dimiliki oleh Grand Seiko, plus ciri khas unik seperti snowflake marker pada dial Grand Seiko, membuat tampilan dial pada Rolex menjadi ‘biasa saja’.

Sisi mekanisme mesin penggerak jam tangan.

Seperti yang sempat disinggung di atas, Grand Seiko sangat pantas disejajarkan dengan Jaeger-LeCoultre. Termasuk pada faktor mekanisme penggerak.

Sementara Rolex terlihat begitu menonjol bila dibandingkan dengan Seiko (standar) atau jam tangan keluaran pabrikan Swiss lainnya pada entry level, mesin yang sama akan terlihat jauh dari kata memuaskan bila bersanding dengan mesin dari Grand Seiko. Baik dari segi kualitas, performa maupun finishing ruang mekanis atau roda-roda cantik mungil yang selalu menarik untuk diamati.

Grand Seiko menggunakan perpaduan antara sistem penggerak mekanik dan quartz yang bersumber dari energi tersimpan. Artinya, Grand Seiko memiliki akurasi yang lebih tepat daripada jam mekanik yang lain (tanpa bantuan sistem quartz). Termasuk juga Rolex.

Meski Rolex sudah diakui dengan sertifikasi COSC dimana salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi ini adalah ketepatan penunjuk waktu dengan koefisiensi tidak boleh menyimpang lebih besar dari -4/+6 detik per hari. Rolex dan mesinnya diakui dan berada dalam standarisasi rentang penyimpangan waktu tersebut. Bagaimana dengan Grand Seiko?

Grand Seiko VS Rolex Perbandingan Umum
Pic Source : reddit.com

 

Grand Seiko sesuai dengan pencatatan resmi, atas kombinasi mekanik dan quartz tadi, memiliki penyimpangan di rentang -/+ 15 detik, per BULAN. Dengan pencatatan waktu sedemikian detail dan tepat, maka Grand Seiko malah jauh melampaui standar sertifikasi COSC yang dikeluarkan oleh negara Swiss. Hanya jam tangan dengan sistem quartz murni saja yang bisa menyaingi pencapaian tersebut.

Tidak sampai di situ saja, Grand Seiko terkenal dan digadangkan sebagai jam tangan dengan sistem Spring Drive paling mumpuni.

Grand Seiko VS Rolex Perbandingan Umum
Pic Source : rolexforum.com

Untuk perincian pergerakan mekanik mesin jam tangan, Rolex, misalnya seri Submariner, terkesan sangat lembut gerakannya karena jarum detik pada tipe ini bergerak dalam kecepatan 28.800 bph (beat per hour) atau 8x per detik. Sebagai perbandingan, untuk jam tangan mewah tergolong pada entry level ataupun Seiko umum, kecepatan pergerakan jarum pada angka 21.600 beat per hour atau sekitar 6 kali setiap detiknya. Tidak demikian dengan Grand Seiko. Jam tangan pesaing keras ini berhasil mencatatkan pergerakan hingga 10 detakan per detik. Atau 36.000 beat per hour. Tidak heran bila disebelahkan antara Rolex dan Grand Seiko, gerakan jarum detik Grand Seiko terlihat lebih elegan bak gerakan menyapu tanpa hentakan berarti sama sekali.

Demikian beberapa perbandingan murni 2 brand jam tangan mewah tanpa memandang image atau relevansi prestige brand masing-masing, terutama antara Grand Seiko karya negara Jepang dan Rolex asal negara Swiss. Perbandingan ini akan gugur tanpa syarat ketika menyebutkan betapa orang banyak jauh lebih mengenal Rolex dibandingkan Grand Seiko yang umum dianggap sama kelas dengan produk Seiko lainnya.

You may also like

Leave a comment