Profile Model Whulandary Herman, Mantan Puteri Indonesia Yang Mendunia

Profile Model Whulandary Herman, Mantan Puteri Indonesia Yang Mendunia

MATA LELAKI - Menjadi seorang model kela dunia merupakan impian yang sangat dikejar oleh para model wanita tanah air. Dengan bermodalkan kecantikan dan juga dengan prestasi akademik yang mumpuni, mereka bisa melenggang menuju pentas dunia melalui ajang pemilihan ratu kecantikan. Hal itu pula yang dilakukan oleh Whulanday Herman, seorang top model asal Padang Panjang, Sumatera Barat yang berhasil menembus jendela dunia lewat ajang Miss Universe yang diadakan di kota Moskow, Russia tersebut. Seperti apa kisahnya? Berikut profil perjalanannya.

Lahir pada 26 Juni 1989, wanita yang akarab disapa Whulan ini sudah menyukai dunia modelling sejak kecil. Whulan menyelesaikan bangku sekolahnya hingga lulus SMA pada tahun 2007 silam kemudian hijrah ke Jakarta untuk mengejar impiannya menjadi seorang model ternama. Langkah Whulan dalam menggapai impiannya menemukan jalan cerah di mana dirinya mengikuti ajang Wajah Femina tahun 2008 dan membuat namanya semakin dikenal setelah mengikuti ajang tersebut. Dari ajang itu juga dia mulai menapaki jalannya sebagai seorangmodel profesional.

#
Foto: Wikipedia


Setahun berselang, Whulan berhasil mendapatkan peringkat runner – up 3 dan The Best Catwalk di Korea dalam ajang International Model of the Year 2009. Atas prestasinya, Whulan mulai dikenal sebagai seorang peragawati ternama di Indonesia. Tahun 2010 menjadi tahun yang paling sukses bagi karir Whulan di mana dirinya meraih gelar Asian Top Model 2010 dalam acara Fashion Asia Award yang diselenggarakan di Hangzhou, Tiongkok. Whulan mengalahkan top model dari Vietnam, Mongolia dan top model dari Tiongkok.
Setelah puas meraih gelar di kancah dunia, dirinya kembali ketanah air dengan mengikuti gelaran Putri Indonesia di tahun 2013. Whulan mewakili daerah asalnya yakni Sumatera Barat. Dalam ajang tahunan itu, Whulan berhak menyandang mahkota Puteri Indonesia yang sebelumnya dipakai oleh Maria Selena. Whulan juga wanita kedua dari ranah Minang yang berhasil menjadi Putri Indonesia setelah pada 2002 lalu dipegang oleh Melanie Putria. Dalam gelaran tersebut, Whulan menyabet dua gelar sekaligus, selain Putri Indonesia juga menjadi Putri Indonesia Favorit Kepulauan Sumatera.

Whulan kembali unjuk gigi di kancah dunia dengan mengikuti ajang Miss Universe yang pada tahun tersebut diadakan di kota Moskow, Russia tepatnya pada 9 November 2013. Whulan bersaing dengan 86 Putri Cantik dari negara – negara lain untuk menjadi Putri Tercantik di Alam Semesta. Dalam ajang Miss Universe tersebut Whulan berhasil masuk ke 16 besar. Dia juga mendapat predikat runner up ke 3 untuk kategori Best National Costume. Whulan juga menjadi wanita kedua setelah Artika Sari Devi yang berhasil masuk ke 11 besar.

#
Foto: MataMata


Tidak hanya piawai dalam bidang modelling, Whulan juga memiliki bakat di bidang sastra. Dirinya memiliki hobi menulis, dan sudah pernah membuat beberapa literatur mengenai dunia wanita yang dimuat di majalah – majakah besar seperti Femina, Kartini, dan juga Gadis. Hobi menulisnya tersebut menghasilkan sebuah karya berupa buku biografi yang terbit pada bulan Juni 2014 lalu. Selain memiliki bakat bidang sastra, dalam dunia hiburan juga dirinya ikut berkecimpung. Setelah melepas mahkota Puteri Indonesia, dirinya aktif dalam dunia hiburan tanah air dengan menjadi presenter program infotainment dan juga pernah mmbintangi beberapa film layar lebar.

Kehidupan Whulan sebelum menjadi Puteri Indonesia lebih dipadatkan dengan jadwal pemotretan yang dilakukan secara indoor atau outdoor. Selain itu, beberapa gelaran peragaan busana juga kerap diikutinya dan juga melakukan beberapa kali wawancara dengan media online mengenai dunia mode. Di sela – sela kesibukannya tersebut, dirinya menyempatkan diri melakukan kegiatan lain seperti travelling, menulis dan juga olahraga yoga. Whulan juga tercatat sebagai alumni di Universitas Paramadina Jakarta yang mengambil jurusan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Leave a Comment