Kong Djie Coffee, Coffee Shop Aroma Khas Belitung

Kong Djie Coffee, Coffee Shop Aroma Khas Belitung Kong Djie Coffee

Matalelaki.com - Beragam jenis kopi pilihan yang berkualitas dan bercitarasa nusantara membuat kopi Sumatera kerap memiliki tempat yang spesial di hati para penikmat kopi. Salah satu jenisnya yakni kopi Belitung. Terkenal dengan rasa kopinya yang kuat, menjadi suatu kenikmatan tersendiri terutama bagi masyarakat kepulauan Belitung. Nah, bagi kamu yang belum pernah coba, khususnya yang berada di kawasan Tangerang, pasti jadi penasaran kan senikmat apa sih kopi khas Belitung? Dan bisa dibeli dimana kopi asli khas Belitung itu?? Jangan khawatir, dikarenakan coffee shop yang menyediakan kopi khas Belitung saat ini sudah semakin berkembang di Tangerang, maka kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Belitung. Cukup mampir ke coffee shop yang akan kami review kali ini.

Foto by @kongdjie_coffee
Kong Djie Coffee atau yang biasa dikenal dengan sebutan warung kopi Kong Djie adalah coffee shop yang menyajikan berbagai pilihan menu khas Belitung, mulai dari makanan hingga minuman yang khas dari kepulauan Belitung yang bervariasi. Terletak di bilangan Gading Serpong, warung kopi Kong Djie Coffee menempati lokasi yang cukup strategis. Terdiri dari dua lantai, yang mana lantai satu difungsikan sebagai smoking area karena terdapat asbak di setiap mejanya, sedangkan lantai dua diperuntukkan bagi pelanggan yang ingin bersantai sejenak sambil menikmati pesanan lantaran nuansanya yang fokus dengan gaya anak muda masa kini. Masing-masing lantai memiliki interior yang sederhana namun kece. Cukup bagus dijadikan spot berfoto.

Foto by @kongdjie_coffee

Suasananya yang ramai ini sesuai dengan informasi yang menyatakan bahwa coffee shop atau warung kopi Kong Djie selalu didatangi banyak pengunjung dari segala kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Bahkan tak jarang banyak juga ibu-ibu yang mampir. Meskipun selalu ramai, namun suasana di warung kopi yang sudah beroperasi sejak pagi hari ini sangat nyaman dan asyik untuk tempat hangout. Selain itu, menu makanan dan minuman khas Belitung yang sudah terkenal akan kenikmatannya yang begitu menggoda selera. Itulah yang menjadi penyebab warung kopi ini selalu menjadi tempat langganan para komunitas ataupun karyawan untuk mengadakan meeting atau sarapan sebelum berkatifitas.

Foto by @kongdjie_coffee

Menu makanan dan minuman favorit:

  • Mie Belitung Atep

Foto by @kongdjie_coffee
Mie khas Belitung yang kenyal dan enak ini menjadi menu andalan di warung kopi Kong Djie. Tak hanya citarasanya saja yang khas, namun mie yang lengkap dengan berbagai macam topping yakni kentang, udang, tahu, timun, touge serta emping yang tetap garing meskipun digenangi oleh kuah kaldu udang yang lezat dan sedikit kental ini juga memiliki bentuk penyajian yang khas dan tradisional, yaitu disajikan di atas daun pelapis.

  • Rajungan Goreng

Foto by @kongdjie_coffee
Menu berupa kepiting-kepiting kecil khas Belitung yang biasanya dijadikan sebagai makanan ringan atau cemilan oleh masyarakat belitung ini merupakan produk instan yang dijual di coffee shop Kong Djie. Mengapa instan?? Karena isinya sudah berupa daging, jadi hanya tinggal menggoreng saja tanpa perlu repot mengupas kulit serta mengeluarkan dagingnya dari tempurungnya. Selain digoreng, rajungan ini juga biasa dipanggang oleh sebagian masyarakat Belitung. Akan tetapi rasanya lebih enak jika digoreng karena tidak terlalu amis.

  • Nasi Tim Ayam

Foto by @kongdjie_coffee
Nasi dengan tekstur yang lembut namun tidak terlalu lembek ini disajikan lengkap dengan potongan daging ayam dan emping. Rasanya enak dan gurih, sangat cocok dijadikan untuk menu sarapan.

  • Ikan Gangan

#
Pada dasarnya, ikan khas Belitung ini sangat amis, namun karena dimasak bersamaan dengan nanas jadinya tidak terlalu amis. Ikannya empuk dan lembut serta rasa kuahnya yang memiliki perpaduan rasa yang kuat antara manis, asam dan gurih sehingga menu yang satu ini patut untuk dicoba.

  • Kopi Susu

Foto by @kongdjie_coffee
Minuman yang terbuat dari kombinasi kopi dan susu ini merupakan signature drink dari coffee shop Kong Djie. Rasa kopinya tidak asam dan cukup strong namun pahitnya tidak berlebihan. Begitupun juga dengan rasa susunya yang tidak terlalu manis. Perpaduan rasa dari minuman bertekstur cukup kental ini sangat pas dan enak.

  • Kopi Hitam

Foto by @kongdjie_coffee
Seperti yang kita tau, kopi hitam dari Sumatera lebih strong dibandinngkan dengan kopi hitam lainnya. Salah satunya kopi hitam khas Belitung ini, rasa kopinya benar-benar strong. Rasa kopi lokal yang khas dan kuat ini hanya direkomendasikan untuk penikmat kopi hitam yang lumayan pahit.

  • Teh Tarik

#
Nama dari menu minuman yang satu ini hanya sekadar nama saja, karena sebenarnya ini bukanlah tek tarik yang sesungguhnya, melainkan hanya teh yang dikombinasi dengan susu kental manis. Namun meski begitu, minuman ini juga memberikan citarasa yang khas sekali akan minuman yang berasal dari kepulauan Belitung selain kopinya.

Service:
- Cukup baik
- Penyajiannya cepat

Kualitas rasa:
- Baik makanan maupun minumannya, rasanya memang tak perlu diragukan, terutama pada kopinya.

Harga:
- Cukup bersahabat, rata-rata menunya dibandrol dari harga 30 hingga 50 ribu.

Suasana:
- Nyaman, ramai, asyik dan kebersihan tempatnya juga cukup terjaga.

Kesimpulan:
Kong Djie, sangat recommended untuk para perantauan yang berasal dari Belitung untuk mengobati kerinduan mereka akan makanan, minuman serta suasana kampung halaman. Sekaligus surga bagi para pecinta kuliner khas dari kepulauan Belitung.

Venue Info:
Kong Djie Coffee
Alamat: Ruko Gadget Blok A No. 63, Jl. Kelapa Lilin Utara II, Gading Serpong, Tangerang
Jam Operasional: Setiap Hari, 07.00AM – 10.00PM
No. Telp: (021) 29507088
Instagram: @kongdjie_coffee

Leave a Comment