6 Makanan Khas Sulawesi yang Mungkin Belum Anda Ketahui

6 Makanan Khas Sulawesi yang Mungkin Belum Anda Ketahui Sumber: nyero.id

MATA LELAKI - Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki bentuk unik yakni seperti huruf K. Selain keberagamannya yang sangat banyak, kuliner dari Sulawesi juga banyak sekali dan pastinya memiliki rasa yang yahud. Sulawesi juga terkenal akan keindahan alamnya yang masih sangat alami, untuk itu para pecinta alam juga banyak yang mendatangi pulau ini untuk liburan. Berikut ini adalah 6 makanan khas Sulawesi yang bisa anda coba jika datang ke sana.

1. Kapurung Sulawesi Selatan

#

 

Kapurung merupakan makanan berkuah dengan rasanya yang sedikit asam namun sangat menyegarkan. Kuliner satu ini menjadi makanan khas tradisional di Palopo, khususnya masyarakat Desa Luwu. Untuk bisa menikmatinya, anda tidak bisa menunggunya hingga dingin karena Kapurung akan dengan mudah mengeras ini terjadi karena bahan utamanya yang menggunakan Sagu.

2. Sop Konro

#

 

Sop Konro merupakan makanan yang bahan dasarnya kuah iga sapi yang direbus hingga pekat. Sop konro memiliki rasa yang khas dan juga nikmat. Biasanya iga yang akan digunakan sebagai kuah dibakar terlebih dahulu supaya nanti rasa dari kuahnya semakin gurih dan kandungan lemaknya berkurang. Untuk membuatnya dibutuhkan waktu memasak yang lebih lama, karena iganya harus direbus sampai benar-benar empuk.

3. Tinutuan

#

 

Jika anda merasa asing dengan makanan khas bernama Tinutuan bisa dimaklumi. Nama lainnya adalah bubur Manado. Tinutuan merupakan bubur khas Manado. Makanan ini adalah campuran berbagai macam sayuran, tidak menggunakan daging sama sekali. Biasanya makanan ini disantap ketika sedang ada perkumpulan antar kelompok di Sulawesi. Seperti layaknya bubur pada umumnya, biasanya Tinutuan disantap ketika pagi hari atau untuk sarapan.

4. Panada

#

 

Panada merupakan kue khas Manado yang populer, bentuknya sendiri mirip dengan kue pastel. Kue Panada terdapat isian di dalamnya, biasanya dengan ikan cakalang yang dibumbui pampis. Bumbu pampis sendiri adalah cakalang yang sudah dimasak dengan bumbu tertentu, dan ikannya disuir kecil-kecil. Kue Panada termasuk kue kering karena pembuatannya yang digoreng.

5. Gogoso

#

 

Gogoso ini termasuk makanan yang bisa dibilang sangat praktis, dan sangat cocok apabila digunakan sebagai bekal. Makanan dari Sulawesi ini memang bentuknya mirip dengan lontong, namun di tengahnya terdapat isian abon sapi atau abon ayam. Cara memasaknya yakni dengan dibakar, dan dibungkus daun pisang terlebih dahulu. Makanan ini bisa anda temukan dengan mudah di sepanjang Pantai Losari, sangat cocok untuk santai sambil menikmati Gogoso.

6. Pa'piong

#

 

Yang terakhir adalah pa'piong. Makanan khas Toraja ini terdiri dari daun miana yang dicampur dengan olahan daging, yang sudah diiris kecil-kecil atau seperti disuwir dan bercampur dengan parutan kelapa yang nantinya dimasak di dalam bambu. Biasanya makanan ini akan disajikan dalam acara tertentu saja, seperti upacara adat, penyambutan tamu dan lain-lain. Cita rasa yang dihasilkan dari pembakaran dalam bambu membuat pa'piong terasa gurih dan berbau harum.

Itulah makanan khas Sulawesi yang bisa anda coba. Apakah anda ada yang pernah mencoba salah satunya?

Leave a Comment