5 Jenis Seafood yang Cocok Dinikmati dengan Bir

5 Jenis Seafood yang Cocok Dinikmati dengan Bir Sumber: beergembira.com

MATA LELAKI - Menikmati seafood memang sangat pas bila disandingkan dengan segelas bir dingin. Bir yang sesuai dengan selera kita, tentu akan akan menjadi nikmati sangat saat menikmati seafood anda. Tapi, yang harus anda tahu, ada beberapa jenis hidangan tertentu dapat memberikan sensasi yang berbeda jika dipasangkan dengan jenis bir yang sesuai. 

Indonesia adalah negara yang dua pertiga wilayahnya adalah perairan laut. Beragam biota laut yang kita miliki, tentu saja menjadikan negara ini sangat kaya akan kuliner seafoodnya. Kuliner seafood sendiri, dapat kita jumpai dari kaki lima sampai ke hotel bintang lima. Lalu, apa saja seafood yang cocok dipasangkan dengan bir? Berikut beberapa contoh beer & food pairing yang wajib anda coba!

1. Tiram dan Bir Hitam

#
Sumber: Beergembira

 

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa tiram dan stout (bir hitam) bukanlah pasangan yang cocok untuk disantap dan disesap. Sebelum anda beranggapan seperti itu, anda harus tahu bahwa kedua pasangan ini sangatlah cocok sekali. Setelah menyantap tiram dengan cita rasa yang begitu gurih dan cenderung asin, maka bir hitam yang dikenal dengan rasa kuat akan cocok sekali menemani makan tiram anda. 

2. Cumi Goreng dan Pilsner

#
Sumber: Beergembira

 

Menurut Lou Rossi, chef eksekutif di Castle Hill Inn yang berlokasi di Rhode Island, menyatakan bahwa pilsner yang dipadukan dengan cumi goreng sangat cocok. Hidangan cumi goreng dan bir ini sendiri akan memberikan sensasi kenikmatannya sendiri. Setelah anda selesai menyantap cumi goreng yang renyah dan juga gurih, maka bir jenis pilsner yang ringan akan membuat perut anda puas, karena sudah dimanjakan dari kedua makanan ini.

3. Gurita Panggang dan Bir Jenis Session IPA

#
Sumber: Beergembira

 

Gurita panggang akan menjadi pasangan serasi untuk bir berjenis session IPA. Tapi yang harus anda perhatikan, pastikan anda memilih bir IPA dengan kandungan alkohol yang tidak terlalu tinggi. Karena jika kalian menyesap bir jenis India pale ale dengan kadar alkohol yang cukup tinggi, maka sensasi gurita bakar tadi, akan menghilang. Jadi, anda harus pastikan kandungan alkohol yang terkandung sesuai agar sensasi nikmat tetap terjaga dengan baik.

4. Kerang dan Bir Jenis American IPA

#
Sumber: Beergembira

 

Kesan rasa gurih dan manis yang dihasilkan oleh kerang sangat cocok dipadukan dengan bir berjenis american IPA. Rasa manis dari kerang ini, tentunya akan bisa menyeimbangi rasa bir berjenis American IPA yang memang rasanya pahit.

5. Kakap Putih dan Belgian Saison

#
Sumber: Beergembira

 

Bir yang memiliki rasa yang terkesan asam ini sebenarnya aman jika dipasangkan dengan beragam jenis hidangan. Tapi tentu saja, dengan ikan kakap sensasi nikmat dari bir ini akan terasa lebih hidup.

Leave a Comment