5 Fakta Unik Tentang Bir yang Harus Anda Ketahui

5 Fakta Unik Tentang Bir yang Harus Anda Ketahui Sumber: amazon.co.uk

MATA LELAKI - Bir muncul sebagai saksi dimulainya peradaban manusia. Umur dari bir sendiri, juga dianggap lebih tua dari periode penjajahan Belanda di Indonesia. Maka seperti segala hal yang berumur sangat tua, sejarah maupun hal-hal menarik mengenai bir seperti tak pernah bisa habis dikupas. Mungkin fakta-fakta di bawah ini, belum pernah anda dengar sebelumnya, sehingga khusus untuk anda pecinta bir mungkin bisa menjadi pengetahuan baru bagi anda. Berikut 5 fakta unik tentang bir.

1. Gedung Putih Membuat Bir Mereka Sendiri

#
Sumber: Washington.org

 

Dilansir dari blog resmi Gedung Putih, ternyata Barack Obama merupakan presiden pertama yang pernah membuat bir sendiri di Gedung Putih. Di tulisan blog yang sama, anda bisa mendapatkan resep untuk membuat Honey Porter dan Honey Ale ala Gedung Putih. Uniknya, madu yang digunakan untuk membuat bir Gedung Putih, berasal dari lebah-lebah yang diternakkan di area Gedung Putih itu sendiri. Luar biasa ya. 

2. 4000 Tahun adalah Umur Untuk Resep Bir Paling Tua

#
Sumber: Beergembira

 

Menurut British Museum, tablet yang terbuat dari tanah liat ini menunjukkan cara pembuatan bir. Umurnya sendiri diketahui sudah mencapai dari tahun 3100 - 3000 SM dan ditemukan di Mesopotamia. Uniknya, simbol untuk bir ini adalah sebuah tempayan dengan jumlah tiga titik. Bisa anda lihat sendiri, dari gambar tablet di atas, simbol bir diguratkan sebanyak tiga kali. Untuk fakta sejarahnya, para pekerja piramida Mesir dibayar menggunakan bir menurut majalah Smithsonia. Para pekerja biasanya, akan menerima empat sampai lima liter sehari. Jadi terima kasih, bir. Sumbangsihmu terhadap dunia nyata terlihat dalam salah satu keajaiban dunia!

3. Brewer profesional pertama adalah perempuan

#
Sumber: Beergembira

 

Di Mesir Kuno dulu, bir ternyata dibuat secara tradisional oleh perempuan. Tapi kenapa sekarang, untuk pembuatan bir dilakukan oleh pria? Jawabannya adalah pergeseran ekonomi. Semula dasar perekonomian paling umum adalah pertanian. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, dasar perekonomian yang terpusat pada aktivitas pertanian berubah dalam aktivitas industri. Ini berarti bir, menjadi jauh lebih komersial dan para pekerjanya dari semua wanita menjadi pria.

4. Dulunya Bir Dikonsumsi dengan Temperatur Panas

#
Sumber : beergembira

 

Bir memang harus diminum dalam temperatur yang dingin, tentu saja ini adalah hal yang lumrah di zaman modern sekarang. Tapi, pada abad 17 lalu, bir malah disajikan dalam keadaan hangat. Karena saat itu, ada frasa yang mengatakan kalau malty yang hangat merupakan jenis yang lebih sehat. Tapi fakta sebenarnya ale yang dikonsumsi dalam rentang temperatur yang hangat mampu memberi kesehatan yang lebih baik untuk tubuh. Ale yang hangat bahkan bisa menggantikan asupan makanan. 

5. Anda Bisa Mandi Bir

#
Sumber: The Black Sheep

 

Republik Ceko dikenal di kalangan para pecinta bir sebagai negeri eksotis di mana anda bisa mencemplungkan dirimu ke dalam kubangan bir. Bukan untuk anda minum, ternyata anda bisa mandi di sana. Anda bisa mandi sekitar 20 menit, dengan bahan di dalamnya. Lalu, apa bedanya dengan mandi menggunakan air biasa? Rupanya, mandi bir bisa membuat peredaran darah anda lancar, membuka pori-pori tubuh, melembutkan kulit sampai memberikan tubuh anda tambahan vitamin.

Leave a Comment