Tuesday Dec 07, 2021 01:25

4 Tumbuhan yang Bisa Dijadikan Tanaman Obat Herbal

4 Tumbuhan yang Bisa Dijadikan Tanaman Obat Herbal

MATA LELAKI - Obat herbal terkadang bisa menjadi penyembuh penyakit yang ampuh, seperti kanker, jantung, stroke dan lain-lain. Tanaman herbal adalah tumbuhan berupa daun atau bunga yang mengandung zat aktif untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Obat yang anda beli di apotek juga ada beberapa yang pengolahannya berasal dari tanaman herbal, namun dibungkus lebih rapi supaya tahan lama.

Indonesia sebagai negara tropis tentunya memiliki banyak sekali tanaman obat, bahkan dari 40 ribu tersebar di dunia, 30 ribuan diyakini ada di Indonesia. Berikut ini tanaman obat yang bisa anda gunakan apabila mengalami penyakit tertentu.

1. Temulawak

4 Tumbuhan yang Bisa Dijadikan Tanaman Obat Herbal

 

Selain jahe, temulawak juga bisa menjadi obat mujarab banyak penyakit. Tanaman satu ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga temulawak sering dijadikan jamu tradisional. Kandungan zat minyak atsiri, kamfer, turmerol dan zat lainnya bermanfaat untuk menteralkan racun, menghilangkan nyeri, antioksidan, pencegah pelemakan dalam sel-sel hati, sehingga sering mengkonsumsi jamu temulawak akan membuat tubuh lebih ringan dan bugar.

2. Lavender

4 Tumbuhan yang Bisa Dijadikan Tanaman Obat Herbal

 

Lavender memiliki aroma yang menenangkan dan bisa membuat penciumnya menjadi lebih rileks. Lavender juga bisa digunakan sebagai obat, dan salah satunya digunakan untuk dibuat teh. Untuk pijat juga banyak yang menggunakan minyak lavender. Beberapa manfaat yang bisa didapat yakni meredakan stres, membantu tidur lebih pulas, membuat rambut lebih subur, mengatasi jerawat, meredakan rasa sakit, dan juga bisa membantu meredakan masalah pernapasan. Penggunaan lavender biasanya akan dibuat teh atau sebagai minyak urut.

3. Daun kumis kucing

4 Tumbuhan yang Bisa Dijadikan Tanaman Obat Herbal

 

Kumis kucing banyak tumbuh di negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Selain sebagai tanaman hias, kumis kucing juga digunakan sebagai obat. Kumis kucing pada umumnya dijadikan sebagai obat herbal melawan infeksi bakteri atau gusi yang bengkak, juga bisa meredakan asam urat dan rematik. Namun manfaat utama yang sudah dibuktikan banyak orang adalah sebagai obat infeksi saluran kencing berkat efek diuretiknya. Biasanya penggunaannya adalah daunnya yang direbus lalu airnya diminum, dan dalam jangka waktu kurang lebih 2 hari akan ada perubahan yang terlihat.

4. Akar Bajakah

4 Tumbuhan yang Bisa Dijadikan Tanaman Obat Herbal

 

Belum lama ini terdapat penemuan mengejutkan dari akar kayu ajaib dari Kalimantan ini, yakni kemampuan untuk menyembuhkan kanker payudara. Penemuan ini dilakukan oleh siswa SMAN 2 Palangkaraya, dan saat ini masih dilakukan riset lebih lanjut. Tanaman ini diambil akarnya, yang biasanya merambat pada pohon dan mencapai 50 meter. Banyak yang sudah membuktikan, manfaat dari akar bajakah antara lain adalah menyembuhkan luka, menghaluskan kulit, mengobati stroke dan lain-lain. Karena hanya tumbuh di Kalimantan, akar bajakah memiliki harga yang lumayan mahal. Untuk satu kantong berukuran 1kg dihargai Rp 200 ribuan, namun tentunya ini bisa menjadi obat tradisional yang baik.

Itulah 4 tanaman yang bisa dijadikan obat. Jika anda memiliki salah satu keluhan penyakit di atas, mungkin bisa mencoba mengkonsumsi tanaman obat herbal tersebut.

You may also like

Leave a comment