Tuesday Oct 04, 2022 06:46

5 Tips Merawat Janggut Agar Sehat dan Rapi

5 Tips Merawat Janggut Agar Sehat dan Rapi

MATA LELAKI - Janggut merupakan salah satu ikon pria yang dibanggakan. Banyak pria berlomba-lomba untuk memelihara janggut agar penampilan mereka semakin maskulin. Ada yang memelihara sampai panjang dan lebat, namun ada juga yang tak suka sampai panjang, dan hanya tipis dan pendek. Namun para pria sepertinya lebih menyukai gaya tipis dan pendek karena lebih berwibawa. Sama halnya dengan kepala, rambut janggut juga perlu perawatan agar tetap rapi dan sehat, terlebih bagi pria yang janggutnya dalam kategori panjang. Untuk anda yang sering mengabaikan kebersihan janggut, mulai sekarang haruslah lebih teliti dalam merawat janggut. Berikut ini adalah 4 tips merawat janggut agar tetap sehat dan rapi yang bisa anda coba.

1. Jangan lupa mencukur janggut

5 Tips Merawat Janggut Agar Sehat dan Rapi

 

Artian mencukur di sini memiliki banyak arti. Jika anda ingin janggut tak tumbuh, anda bisa mencukurnya sampai bersih. Namun ketika ingin ditumbuhi rambut, anda harus tetap mencukurnya sedikit-sedikit, yakni di bagian ujung-ujungnya saja agar terlihat rapi. Janggut yang tak pernah dicukur sama sekali justru akan sangat tidak menarik, dimana bisa sangat keriting atau bahkan menimbulkan kuman. Nah, kutu rambut juga tak hanya hinggap di kepala saja. Jika memungkinkan, kutu juga bisa ada di janggut anda. Untuk itu tetaplah mencukurnya meski hanya sedikit-sedikit.

2. Jaga kebersihan mulut

Karena posisinya yang dekat dengan mulut, menjaga kebersihan mulut juga termasuk metode merawat janggut agar tetap sehat dan bersih. Ketika anda makan pastinya akan menyisakan sedikit makanan, atau reremukan yang kemudian akan menempel di janggut anda. Ketika anda selesai makan, cucilah mulut anda, kemudian jangan lupa membersihkan juga area rambut janggut yang kotor setelah makan, sehingga anda akan terbebas dari sisa makanan, yang bisa mendatangkan kuman.

3. Sisir juga rambut janggut

5 Tips Merawat Janggut Agar Sehat dan Rapi

 

Bagi anda pemilik janggut panjang wajib halnya untuk melakukan hal ini, karena panjangnya rambut akan susah diatur kecuali dengan disisir. Ketika anda menyisirnya, janggut akan lebih rapi dan juga bisa lebih bersih dengan menyisirnya. Jangan sampai melewatkan ini dalam merawat janggut anda, karena menyisir juga merupakan faktor yang penting dalam menjaga kebersihan janggut anda.

4. Gunakan sampo untuk mencucinya

5 Tips Merawat Janggut Agar Sehat dan Rapi

 

Saat ini sudah banyak sampo khusus digunakan untuk merawat janggut. Karena itulah anda bisa memakai sampo khusus janggut itu ketika anda membersihkannya, sehingga rambut janggut anda nantinya bisa lebih halus. Anda bisa juga memakai sampo kepala, namun tetap lebih baik menggunakan sampo yang khusus untuk janggut anda. Setelah itu gunakan juga kondisioner agar lebih halus dan rapi lagi.

5. Gunakan juga beard oil

5 Tips Merawat Janggut Agar Sehat dan Rapi

 

Nah penggunaan beard oil juga penting. Ketika anda selesai mencucinya dan tidak menggunakan kondisioner, maka rambut janggut anda akan kering. Nah, beard oil inilah yang berguna untuk melembapkannya. Menjaga kelembapan juga bisa membuat penampilan janggut anda terlihat lebih rapi dan maskulin.

Itulah tips merawat janggut yang bisa anda ikuti agar janggut anda lebih rapi dan sehat.

You may also like

Leave a comment