4 Tanda Anda Mengalami Burnout di Tempat Kerja

4 Tanda Anda Mengalami Burnout di Tempat Kerja Sumber: hellosehat.com

MATA LELAKI - Saat anda bekerja, pasti pernah bukan mengalami kondisi ekstrem dimana fisik anda sangat lelah dan juga otak anda merasa stres. Nah hal inilah yang dinamai Burnout, dan kejadian ini sendiri merupakan efek dari kelelahan saat anda bekerja. Jika dibiarkan ini akan berbahaya bagi kesehatan anda, baik kesehatan fisik seperti sakit ataupun psikis seperti stres bahkan bisa membuat anda berhalusinasi.

Burnout sendiri hampir mirip dengan stres namun ini kejadian yang lebih ekstrem, atau bahasa singkatnya adalah sudah stadium akhir jika dalam kanker. Nah berikut ini adalah pertanda mengalami Burnout, jika anda sudah merasakan salah satunya lebih baik perbanyak jam istirahat.

1. Merasa Tertekan

#

 

Yang pertama adalah yang paling umum dialami, yakni diri anda akan merasa tertekan atau stres. Di saat bos memberikan kerja anda akan merasa pekerjaan itu sangat berat dan sulit dilakukan, padahal biasanya seberat apapun anda akan tetap mengerjakannya. Selain itu kinerja anda di kantor juga akan menurun, seperti pekerjaan yang lambat selesai, bahkan kadang tidak selesai karena pusing memikirkan pekerjaan yang lain. Nah jika anda mengalami yang satu ini mintalah cuti beberapa hari untuk sejenak mengistirahatkan diri anda, baik pikiran maupun fisik anda.

2. Tidak Fokus

#

 

Ciri-ciri yang selanjutnya adalah diri anda menjadi tidak fokus ketika bekerja, baik saat melakukan rapat atau ngobrol pun anda bisa saja tidak nyambung dengan apa yang sedang dibicarakan. Hal ini karena kelelahan pada otak anda sehingga tentu konsentrasi diri anda juga akan menurun drastis. Selain itu anda juga sering terkejut ketika diajak berbicara karena anda hanya melamun. Ciri satu ini juga merupakan pertanda anda mengalami stres yang sudah kronis.

3. Jadwal Jadi Berantakan

#

 

Stres yang berat dan berkelanjutan juga berpengaruh terhadap jadwal yang sudah anda buat. Ketidaktepatan waktu dalam pengerjaan yang ada pada jadwal membuat anda semakin bingung. Terlebih lagi jika klien mulai protes kenapa job yang diberikan kepada anda belum juga selesai. Inilah yang bisa berbahaya bagi pekerjaan anda, karena jika sudah berantakan anda akan semakin bingung menyelesaikan yang mana dahulu.

4. Sering Emosi tidak Jelas

#

 

Ciri yang paling sering terjadi dan sudah akut adalah emosi yang tidak stabil. Ini berarti otak anda sedang kacau karena stres yang berkelanjutan, dimana anda akan sering marah meskipun kesalahan yang diperbuat sangat kecil. Dan anda juga akan merasa jengkel jika ada saja orang yang mengganggu pekerjaan anda, padahal hanya mengajak ngobrol. Jika sudah begini lebih baik anda beristirahat sejenak.

Itulah pertanda anda mengalami Burnout di kantor. Hal ini akan berbahaya jika anda menganggapnya remeh, karena baik dari segi fisik dan psikologis akan terganggu. Untuk itu cobalah agar lebih santai dan tidak terlalu memaksakan pekerjaan.

Leave a Comment