4 Makanan Khas Cirebon yang Bisa Anda Coba

4 Makanan Khas Cirebon yang Bisa Anda Coba Sumber: pinterest.com

MATA LELAKI - Kota tentu memiliki makanan unik atau khas yang jadi pembeda setiap wilayah. Terdapat kota-kota yang makanan khasnya begitu unik dan ada juga yang sangat lezat. Kota di Jawa Barat juga menyimpan berbagai kuliner menarik yang bisa anda coba, mulai dari yang biasa hingga jarang ditemui. Cirebon menjadi salah satunya. Kota satu ini memiliki banyak kuliner khas menarik. Bagaimana, apakah anda tertarik? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Empal Gentong

#

 

Empal Gentong bisa menjadi pilihan kuliner yang lezat apabila anda berkunjung ke kota ini. Empal ini dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat, aromanya juga sangat berbeda karena cara pemasakannya menggunakan kayu bakar. Kuah kuning empal juga sangat nikmat, anda akan merasakan segarnya kuah santan dari empal satu ini. Empal gentong biasanya dicampur dengan berbagai jeroan, seperti babat, usus, limpa, paru dan lainnya. Harga yang ditawarkan hanya sekitar 20 ribuan saja.

2. Tahu Gejrot

#

 

Siapa yang tidak kenal dengan olahan satu ini? Makanan berbahan dasar tahu ini sudah terkenal hampir di seluruh penjuru negeri. Memang sudah banyak kota selain Cirebon yang membuat tahu gejrot, namun tetap saja awal mula pembuatannya di Cirebon. Biasanya para pedagang menjualnya dengan berkeliling membawa gerobak, pedagang hanya membawa tahu yang sudah digoreng dan akan mengulek sambelnya ketika ada yang akan membeli. Rasa dari kuah tahu gejrot memiliki rasa asam, manis dan juga pedas.

3. Nasi Jamblang

#

 

Nasi jamblang menjadi kuliner selanjutnya yang bisa menjadi pilihan anda selanjutnya. Nasi jamblang sebenarnya sama dengan nasi pada umumnya. Yang membedakan adalah lauk jeroan dan cara penyajiannya yang menggunakan daun jati sebagai alas piring. Penjualan nasi jamblang pernah jaya di masanya, yakni pada tahun 1960-1970an. Meskipun saat ini masih banyak yang mencarinya namun tidak sepopuler pada masa itu.

4. Sate Kalong

#

 

Sate kalong tidak menggunakan daging kalong seperti namanya, melainkan menggunakan daging kerbau dan umumnya akan dijual pada malam hari. Kalong yang identik keluar pada malam hari menjadi alasan utama menamainya dengan sate kalong. Bentuk sate yang digunakan juga berbeda dari sate pada umumnya, yakni akan dibentuk memanjang. Untuk bumbunya tidak berbeda dari sate lain yang menggunakan daging ayam atau kambing.

Itulah beberapa kuliner Cirebon yang populer. Apakah anda pernah mencoba salah satunya?

Leave a Comment