4 Camilan Tradisional Khas Medan, Pernah Coba?

4 Camilan Tradisional Khas Medan, Pernah Coba? Sumber: IDN Times

MATA LELAKI - Selain Jakarta, Bandung, Makassar, Pontianak yang terkenal akan wisata kulinernya, Medan juga menjadi kota yang kaya akan variasi dan ragam kuliner. Dari kuliner peranakan, Tiongkok, India, Melayu, Arab dan Indonesia. Memang kota Medan mempunyai sejuta pesona, apalagi soal kulinernya. Medan sendiri, terkenal akan camilan tradisionalnya. Apa saja camilan tradisional yang berasal dari Medan?

Kue Putu Bambu

#
Sumber: IDN Times

 

Kue Putu Bambu sangat terkenal sekali, sehingga bisa dijumpai di mana-mana. Di Jakarta, tidak akan sulit menemui kue enak ini. Kue putu sendiri dibuat dari adonan beras, gula merah dan kelapa yang dimasukkan ke dalam potongan bambu untuk dikukus. Nantinya uap yang tercipta itu, akan mengeluarkan suara khas dari kue ini. 

Ombus-Ombus

#
Sumber: IDN Times

 

Ombus-Ombus sendiri merupakan kue khas Batak yang berasal dari daerah Siborong-borong. Kuenya dimasak dengan cara dikukus. Ombus-ombus sendiri, berasal dari bahasa Batak yang berarti Embus. Biasanya kue ini akan disajikan hangat dan dimakan hangat-hangat.

Lemang

#
Sumber: IDN Times

 

Makanan satu ini tidak asing lagi untuk orang Medan. Walaupun dibuat oleh suku Melayu, lemang sendiri menjadi makanan yang bisa anda jumpai di pasar-pasar di Medan. Terbuat dari beras ketan yang sudah dicampur dengan santan, proses memasaknya sendiri juga menggunakan bambu. Biasanya lemang akan dinikmati dengan diberi selai durian.

Lappet

#
Sumber: IDN Times

 

Lappet merupakan salah satu kue tradisional kas Batak. Kue satu ini, terbuat dari campuran tepung beras dan juga tepung ketan. Lalu ada juga parutan kelapa dan gula aren, kemudian akan dibungkus dengan daun pisang dan akan dibentuk dengan bentuk seperti limas dan dimasak dengan cara dikukus.

Sudahkah anda mencicipi semua camilan Medan di atas? Mana yang jadi favorit anda?

Leave a Comment