10 Kuliner Dunia Malam Bangka Yang Bisa Anda Coba Saat Liburan

10 Kuliner Dunia Malam Bangka Yang Bisa Anda Coba Saat Liburan

Matalelaki.com - Bangka, tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Bangka jika kita liburan ke sana. Selain keindahan pulaunya dan budayanya, di Bangka kita bisa mencoba berbagai macam jenis kuliner enak. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi kuliner terenak dan terkenal di Bangka.10 Kuliner ini wajib anda nikmati saat berkunjung ke Bangka. Apalagi untuk anda pecinta dunia malam, maka kuliner malam di bawah ini tidak boleh dilewatkan untuk anda.

 

1. Tahu Kok Yen Yen

#
Sumber : Tokopedia

 

Tahu kok merupakan jenis makanan yang terbuat dari tahu dan ikan tenggiri yang diolah menjadi bakso. Baksonya bisa bakso ikan rebus, bakso ikan goreng, bakso tahu ikan goreng, bakso tahu ikan kukus dan kulit tahu berisi bakso. Setelah jadi, baksonya disiram dengan kuah kaldu nikmat dari rebusan kacang kedelai.

Salah satu tahu kok terenak di Bangka adalah tahu kok yen yen, yang sudah sangat terkenal akan kelezatan tahu koknya. Selain tahu kok, di sini anda bisa memesan bakmi dan kwetiauw ayam.

Lokasi: Jl. Yang Zubaidah no. 148, Pangkal Pinang, Pulau Bangka, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00-20.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 12.000 – Rp 20.000

 

2. Waroeng Tung Tau

#
Sumber : Tokopedia

 

Warung Tung Tau sudah berdiri dari tahun 1938 dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner hits di Bangka.Warung Tung Tau menyajikan kopi hitam nikmat yang begitu terkenal, kopi ini diolah tanpa bahan pengawet. Selain kopi, anda juga bisa memesan roti panggang dan telur setengah matang. Untuk menu lainnya,warung ini menyajikan nasi tim, nasi goreng, bubur dan kwetiauw.

 

Lokasi: Jl. Depati Hamzah, Semabung Lama, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin – Minggu 00.00-23.59 (24 jam)
Kisaran Harga: Mulai Rp 7.000 – Rp 39.000

 

3. Otak - Otak Amui

#
Sumber : Explore Bangka

 

Otak - otak amui merupakan tempat makan yang menyajikan menu otak - otak dan juga pempek bangka. Otak - otak di sini dibuat secara homade, jadi kualitas dan keaslian dari otak - otak ini sangat terjaga sekali. Soal rasa ? Otak - otaknya sangat enak dan gurih sekali, banyak yang membawa pulang otak - otak ini sebagai oleh - oleh. Selain otak - otak dan pempek, di sini juga tersedia menu es kacang merah, es campur, talas goreng dan kemplang.

 

Lokasi: Jl. Melintas, No. 23, Bintang, Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Sabtu 07.00-21.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 3.000

 

4. Warung Mie Koba Iskandar

#
Sumber : Tokopedia

 

Mie koba salah satu kuliner khas Bangka yang wajib anda coba saat berlibur ke Bangka. Mie koba terkenal dengan kuah kaldu seafoodnya yang begitu gurih dan kental. Cita rasa mie ini juga sangat kuat dan salah satu restoran yang menyajikan mie koba terenak adalah warung mie koba iskandar.

 

Lokasi: Gedung Nasional, Taman Sari, Gedung Nasional, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-20.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 12.000 – Rp 15.000

 

5. Martabak Acau 89

#
Sumber : Tokopedia

 

Martabak Acau 89 salah satu martabak Bangka terenak di kota Bangka. Jenis martabak yang ditawarkan ada martabak basah, martabak gurih hingga martabak manis kering. Sudah berdiri dari tahun 1980, martabak Acau sudah terkenal sebagai salah satu kuliner yang wajib dikunjungi di kota Bangka.

 

Lokasi: Jalan Soekarno Hatta No.9, Semabung Baru, Kecamatan Girimaya, Semabung Baru, Kec. Girimaya, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Minggu 13.00-20.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 13.000 – Rp 58.000

 

6. Fina Mie Ayam Bangka & Martabak

#
Sumber : Tokopedia

 

Fina mie ayam bangka menyajikan berbagai jenis mie ayam, mulai dari mie ayam jamur,mie ayam pangsit, mie ayam bakso sampai martabak. Rasanya mienya enak, gurih dan lezat disajikan dengan sambal pedas. Selain itu baksonya juga sangat terasa sekali daging sapinya. Cocok bagi anda penyuka mie bangka.

 

Lokasi: Jl. Kh.. Ali Mustafa No. 126, Rt. 02 / Rw. 01, Kel. Masjid Jamii, Kec. Rangkui, Bintang, Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684
Jam Operasional: Senin-Minggu 10.00-22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp 13.000 – Rp 28.000

 

7. Mie Ikan Toboali

#
Sumber : ksmtour

 

Selain mie koba, mie ikan toboali bisa anda masukkan ke dalam daftar makanan khas Bangka yang wajib dimakan. Kuah dari mie ini terbuat dari ikan yang rasanya manis dan gurih. Aromanya mienya sangat wangi dan ada taburan daging ikan yang telah digiling halus. Mie ikan taboali disajikan dalam semangkuk piring yang berisi mie, tauge, taburan daging ikan giling, daun seledri dan bawang goreng.

 

8. Aroma Laut

#
Sumber : Tokopedia

 

Jika anda ingin merasakan sensasi makan di atas kapal, maka anda harus mencoba makan di restoran aroma laut. Restoran ini langsung menghadap ke laut dan mempunyai pemandangan yang indah. Salah satu menu rekomendasi di restoran ini adalah ikan rempah kuning khas restoran aroma laut. Menu ini berbahan dasar ikan kakap yang dibumbui dengan bumbu kuah khas Bangka.

 

Lokasi: Jl. Raya Pantai Pasir Padi, Pangkal Pinang, Pulau Bangka 33147, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Minggu 00.00-23.59 (24 jam)
Kisaran Harga: Mulai Rp –

 

9. Resto Anggrek

#
Sumber : Tripadvisor

 

Resto anggrek terkenal dengan menu yang bernama es anggrek. Es Anggrek adalah segelas es yang dicampur dengan kacang merah serta sirup buatan sendiri. Esnya sangat lembut dan rasanya sirupnya yang membuat orang selalu datang ke restoran ini. Selain es anggrek, di sini juga tersedia berbagai menu seperti lumpia goreng, siomay goreng dan makanan modern lainnya.

 

Lokasi: Jln. Mayor Syafri Rachman No. 12, Pangkal Pinang, Pulau Bangka 33131, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-22.00
Kisaran Harga: Mulai Rp –

 

10. Rusip Khas Bangka

#
Sumber : Bangka Pos

 

Sambal rusip merupakan sambal khas bangka yang terbuat dari fermentasi ikan teri. Bahan dasar dari sambel ini memang ikat teri yang banyak ditemui di laut dan sungat. Sambal ini juga cocok dinikmati sebagai lalapan, atau makan berat seperti ayam, lele, ikan ataupun seafood. Anda bisa mengunjungi Bangka dan membeli sambal ini sebagai oleh - oleh.



 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment