10 Fakta IU, Penyanyi Cantik dengan Masa Lalu yang Pilu

10 Fakta IU, Penyanyi Cantik dengan Masa Lalu yang Pilu Sumber: aminoapps.com

MATA LELAKI - IU merupakan seorang penyanyi solo wanita, paling sukses yang ada di Korea. Berbagai penghargaan sudah ia terima, bahkan dia juga membintangi drama, sampai membintangi banyak iklan di Korea. Tapi, semua yang dicapai IU hingga sampai sekarang ini tidaklah mudah, karena ia benar-benar berjuang dari bawah untuk menggapai sukses. IU sendiri, memang dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan juga kerap sangat dekat kepada penggemar. Pemilik nama asli Lee Ji Eun sudah meliris album ketika masih berusia 15 tahun. Lalu, apa saja fakta dari IU yang perlu kita ketahui?

1. Berasal dari Keluarga Miskin

#
Sumber: Koreaboo

 

Kehidupan IU memang awalnya baik-baik saja, sampai saat keluarganya berhutang dan kehidupan ekonomi keluarganya menjadi kacau. Demi membayar hutang, keluarga IU harus hidup terpisah. Saking mirisnya, IU dan neneknya pernah tinggal di kamar kecil yang penuh dengan kecoa, karena ia dititipkan oleh orangtuanya ke neneknya bersama adik laki-lakinya. Selain itu, IU juga pernah dibully secara verbal, karena kerap kali kerabatnya pulang dalam keadaan mabuk dan begitu melihat IU ia akan mengumpat serapah kepada IU dan neneknya.

2. IU pernah Ditipu dan Dirampok

#
Sumber: Pop Bella



Hal-hal tidak berjalan dengan baik untuk IU bahkan ketika dia menjadi trainee. Sambil mencari audisi agar ia bisa masuk, IU malah mengalami penipuan oleh sebuah agensi. Ia sudah mengirim banyak uang, agar bisa tampil di TV dan mengikuti pelatihan di agensi tersebut. Tapi, dirinya malah ditipu dan uangnya malah dibawa lari. IU sendiri lebih patah hati, karena uang yang hilang merupakan hadiah dari milik neneknya yang menabung sedikit demi sedikit dari penjualan aksesoris kecil.

3. Ditolak Puluhan Agensi

#
Sumber: IDN Times

 

Mimpi IU sejak kecil memang menjadi seorang penyanyi. Tapi perjalanan kariernya untuk menjadi penyanyi, harus melalui penolakan dari banyak agensi. Termasuk JYP, yang merupakan salah satu agensi terbesar di Korea yang menaungi artis sepeti Twice, Got7, Stray kid, Day 6 dan 2PM. Tapi kini IU berhasil menunjukkan kalau dirinya berhasil tanpa masuk ke agensi besar sekalipun, ia berhasil masuk ke Billboard Top 100 Chart.

4. Sukses Debut dan Bahagiakan Keluarganya

#
Sumber: IDN Times



IU memulai debutnya pada tahun 2008. Lagu-lagu IU seperti "Boo" dan juga "Marshmallow" berhasil menjadi hit. Pada tahun 2009, IU juga menabung uang untuk membalikkan keuangan keluarganya. Ia memberikan ayahnya mobil impian, selain itu ia juga sering membagikan kehidupannya dengan keluarganya di akun instagram miliknya. Misalnya saat ia sedang "kencan" bersama ayahnya, di kebun stroberi. 

5. Fokus pada Mimpi

#
Sumber: IDN Times



Pada episode Healing Camp, IU berbicara tentang bagaimana dirinya tidak memiliki nilai yang bagus untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Tapi ketika popularitasnya meningkat, banyak sekali universitas di Korea yang menawarkan kesempatan untuk masuk program khusus. Tapi IU menolak semuanya, karena ia ingin fokus pada karier menyanyinya.

6. Kelelahan Bekerja dan Kesehatan Buruk

IU sendiri pernah pingsan dan masuk ke rumah sakit. Usut punya usut, ternyata IU bekerja terlalu keras sehingga membuat kesehatannya memburuk. IU mengaku jarang istirahat, ketika melihat kalender dirinya selama satu tahun hanya istirahat seminggu saja.

7. Alami Gangguan Makan

#
Sumber: IDN Times



Pada 2014, IU mengungkapkan dia didiagnosis dengan bulimia, sebuah gangguan emosional yang melibatkan citra tubuh dan juga keinginan obsesif untuk menurunkan berat badan. Hal ini bisa menyebabkan depresi dan juga muntah yang ternyata disebabkan oleh diri sendiri.

8. IU Berhati Emas

Pada 2015, IU menyumbangkan uang $ 100.000 USD atau Rp 1,3 miliar untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. Selain itu, IU juga mendukung beasiswa dari tempat SMA dia berasal, untuk bisa mengirim empat siswa berprestasi ke perguruan tinggi. Selain itu, IU juga sudah mengirim dana pendukung untuk disumbangkan ke pendidikan. IU sendiri juga dekat sekali dengan fansnya, ia memberi hadiah $15 ribu USD atau sekitar IDR 210.000.000. Hal ini membuat dirinya dijuluki sebagai artis berhati malaikat. Saat konser di Indonesia juga, ia memberikan cemilan dan makanan ringan kepada fansnya yang sudah menunggu di Jakarta.

Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: Twitter



"IU memiliki hati yang manis. Dia membawa makanan ringan dari Korea untuk dibagaikan ke para penggemarnya di Indonesia dan ketika dia kembali ke Korea, dia juga membawa makanan ringan dari Indonesia untuk para penggemar Korea-nya," tulis netizen @woojinis di Twitter.

9. Kehilangan Sahabat

#
Sumber: IDN Times


Ketika Jonghyun SHINee meninggal, hati IU sangatlah hancur, bersama dengan jutaan penggemar lainnya yang ada di seluruh dunia. Dia menghargai persahabatannya dengan Jonghyun. Ia sendiri menulis lagu untuk Jonghyun berjudul "A Gloomy Clock". Sebulan setelah Jonghyun meninggal secara mendadak, IU langsung menyampaikan pidato yang begitu memilukan di Golden Disk Awards 2018 dan ia juga meminta maaf karena tidak menyadari keadaan kesedihan sang sahabat Jonghyun sebelumnya.

10. IU Berusaha untuk Mengenal Dirinya Lebih Baik

#
Sumber: IDN Times


Selama wawancara dengan Majalah CeCi, IU banyak berbicara tentang dirinya. Dia berbicara tentang bagaimana dirinya sadar untuk tetap mengingat bahwa dirinya tidak boleh menjadi sosok yang sombong.

Leave a Comment